Tips Memilih Nama Domain Untuk Website Bisnis Anda

tips memilih nama domain

Bagaimana cara agar bisnis online anda bisa mudah dikenal oleh khalayak umum dengan mudah?

Cara terbaik adalah menggunakan nama domain yang mudah dihafal, menarik untuk diingat dan tentunya tidak sulit diucapkan.

Sebenarnya apa itu domain?

Secara singkat dan sederhana, domain adalah alamat untuk nama website. Lebih lengkap silahkan baca artikel pengertian domain.

Tanpa disadari, hal yang lumayanan memakan waktu lama untuk memulai bisnis online adalah, menentukan nama domain untuk website yang mudah di ingat konsumen dan bagus menurut pemilik bisnis.

Jika sebelumnya anda sudah memiliki bisnis offline, mungkin bisa dengan menggabungkan salah satu kata dari bisnis anda atau diambil dari nama bisnis anda. Namun jika anda adalah pemilik bisnis pemula, dan baru ingin membuat bisnis dengan langsung terjun online, pemilihan nama domain akan memakan waktu.

Domain tidak hanya menjadi alamat website, namun sudah menjadi nama branding yang harus dapat memikat konsumen. Dari pengalaman beberapa tahun terakhir didunia internet, saya akan mencoba memberikan tips memilih nama domain, untuk bisnis online anda. Poin utama yang akan kita ambil adalah, mudah dihafal, menarik untuk diingat, dan tidak sulit diucapkan.

1. Satu sampai dua suku kata akan lebih baik

Pernahkah anda melihat alamat website (d0main) yang sangat panjang sekali, sehingga anda kesulitan untuk dapat mengingat domain tersebut, padahal website tersebut isi materinya sangat pentung untuk anda pelajari. Dan karena kesulitan mengingat, akhirnya mencari website lain.

Hal ini sudah sering terjadi, punya materi website yang sangat bagus dan berkualitas / atau website yang mempunyai produk yang sangat dibutuhkan konsumen, namun hanya karena masalah sepele, yaitu alamat website. Konsumen tidak jadi membeli, karena tidak mampu menghafal nama domain yang terlalu panjang.

Intinya adalah, dengan menggunakan 1 atau 2 kata, kita membantu konsumen untuk mudah menemukan website kita kembali.

2. Menggunakan Extensi .com atau .id

Extensi domain yang dianggap sepele, ternyata punya dampak yang cukup besar untuk membuat alamat website menjadi lebih menarik.

Di Indonesia, nama extensi domain yang paling populer adalah .com .net. dan .id. Bukan berarti extensi domain lain tidak populer, hal ini terkait dengan branding yang tercipta dibenak masyarakat Indonesia, domain yang bagus ya .com .net dan .id. Pelajari lebih lengkap tentang extensi domain dan pengertiannya.

Bahkan .com dan .net tidak hanya populer di Indonesia, melainkan juga populer di seluruh dunia. Namun perlu di ingat, memilih extensi domain juga harus disesuaikan dengan target konsumen yang dituju.

Misalnya anda ingin bisnis di Indonesia, maka domain yang bagus bisa .com dan .id namun jika bisnis anda menyasar konsumen dari malaysia maka domain yang bagus adalah .com dan .com.my. Contoh lain:

  • Jerman: .com dan .de
  • Jepang: .com dan .jp
  • Amerika .com dan .us

3. Tidak perlu menggunakan tanda -

Terkait dengan pengejaan dan menarik atau tidak menarik.

Contoh: domain-saya.com dengan domainsaya.com anda lebih pilih mana? kira kira konsumen lebih mudah megingat yang mana dan menarik yang mana?

Selain tanda (-) penggunaan angka sebaiknya juga tidak digunakan

Misalnya seperti ini : 12usahajaya.com atau usahamigas34.com atau peluanginti54.com dan sebagainya.

Jika diperhatikan, penggunaan angka yang tidak sesuai, dari sudut pandang orang awam kurang menarik. Jika tidak menarik maka tidak akan diingat.

4. Tidak domain gratisan

Jika anda serius dalam membangun bisnis online, tentu domain gratis bukan pilihan yang tepat. Selain tidak tepat, domain gratis juga tidak populer di negara negara di dunia, termasuk Indonesia. Contoh domain gratis .ml .tk dan lain lain.

Kelemahan domain gratis yang perlu anda ketahui

  1. Extensi tidak populer
  2. Tidak punya hak akses penuh
  3. Jika pemilik extensi mengambil nama domain anda, anda tidak bisa menggugat

Nah, maka dari itu untuk mengantipasi penghapusan nama domain karena tidak memiliki akses penuh, sebaiknya menggunakan domain berbayar yang populer.

Namun walaupun sudah membeli domain yang berbayar, anda juga harus tau bahwa domain tersebut tidak milik anda sepenuhnya. Umur dari domain minimal adalah 1 tahun, dan setelah masa aktif domain selesai yaitu 1 tahun, anda harus melakukan pembayaran tagihan lagi jika masih ingin menggunakan domain tersebut.

Domain populer rata-rata adalah domain yang berbayar, dan yang berbayar anda akan memiliki hak akses penuh terhadap domain, dan tentu pemilik extensi tidak akan bisa semena mena mengambil nama domain anda.

5. Regristrasi domain ditempat terpercaya

Banyak hal terjadi, terutama untuk para pemula, di iming-imingi harga domain populer dengan harga yang murah, banyak yang langsung beli, padahal mereka tidak tahu domain murah tersebut didapatkan dari mana. Dan jika sudah terjadi, maka sama saja, pembeli domain murah tersebut tidak memiliki akses penuh terhadap domain dan parahnya lagi, data domain adalah data orang lain, bukan data dari pembeli domain.

Untuk itu saya sarankan untuk membeli domain di tempat regristrasi domain terpercaya agar mendapatkan hak akses secara penuh. Hoster.co.id adalah resgister domain terpercaya di Indonesia, user akan diberikan hak akses domain secara penuh.

6. Pastikan mudah untuk diingat

Poin 1 - 4 sebenarnya sudah mengarah ke  poin ke 6, namun sebelum artikel ini berakhir, saya ingin mengingatkan kembali kepada anda, pilihlah domain yang mudah diingat dalam pikiran orang.

Coba kita lihat, website bisnis raksasa Indonesia maupun dunia, mereka membuat nama domain yang sangat mudah di Ingat. Contohnya: google.com, yahoo.com, amazon.com, alibaba.com ebay.com tokopedia.com bukalapak.com olx.com dan masih banyak lagi website bisnis besar menggunakan nama domain yang mudah diingat.

7. Lupakan SEO jaman dulu

Ini merupakan poin yang sering mengecoh kita, kata kunci dalam domain akan membantu meningkatkan serp. Jawabanya TIDAK.

Selama 2 tahun kebelakang, saya juga mendalami dunia SEO yang mana nama domain mengandung kata kunci tidak membantu peningkatan serp di google.

Pada intinya, pilihlah nama domain yang bagus menurut anda, dan menarik bagi calon pengunjung website anda.

Jika ada pertanyaan terkait pembelian hosting dan domain silahkan bisa hubungi kami melalui chat atau tiket dengan menekan kolom dibawah.


Leave a Comment

(0 Comments)

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *